6 Langkah Awal Jadi Blogger

Blogger adalah sebutan bagi sesorang yang mempunyai dan biasa mengelola sebuah situs blog di internet itulah pengertian blogger menurut saya. Blog merupakan sebuah sarana digital bagi seseorang yang ingin atau hobi menulis, baik itu tentang informasi,tips dan trik, tutorial, berita, kesehatan dan lain sebagainya.

blogger, langkah awal jadi blogger, tips awal jadi blogger, blogger adalah, tutorial blogging


Langkah awal jadi seorang blogger

Saya sendiri mulai bargabung di dunia blogging baru-baru ini pada bulan september 2019 yap baru satu bulan. Pertama kali saya membuat blog tentang informasi, tips dan trik, tutorial, dan kesehatan. Pada kesempatan kali ini, sayang ingin berbagi sedikit informasi tentang bagiamana menjadi seorang blogger? Atau langakah awal jadi seorang blogger.

Berikut ini adalah langkah-langkah jadi seoorang blogger:

1.Buat Situs Blog

Pertama kita harus membuat situs blog untuk menjadi seorang blogger. Ada berbagai platform blog gratis yang bisa anda gunakan seperti Blogger, Wordpress, Tuamblr, Weebly dan masih banyak lagi yang lainya. Blogger dan Wordpress adalah platform gratis yang populer saat ini. Semuanya gratis tidaak memerlukan biaya untuk pendaftaranya. Anda tinggal pilih yang mana anda suka, kalau saya sendiri pakai yang Blogger.

2.Tentukan Topik Blog

Sangatlah penting kita terapkan sebuah topik blog atau sering di sebut dengan “niche”. Untuk mempermudah pengunjung mengenali dan mengetahui isi keseluruhan sebuah blog yaitu dengan sebuah topik blog tersebut. Misalnya ketika anda ingin membeli sembako, tentu yang akan anda kunjungi adalah sebuah toko sembako, seperti itu juga dengan blog. Sebuah blog yang membahas satu topik dan membahas secara mendalam terlihat lebih profesional dan sangat bagus. Namun ada juga yang membahas banyak topik atau biasa di sebut blog gado-gado.
Menurut saya lebih baik jangan terlalu banyak topik yang di bahas dan tidak apa-apa juga sih banyak topik. Untuk menentukan sebuah topik blog bisa tentang hal apa yang anda sukai dalam artian memulai dari membaca diri anda sendiri. Karena ketika kita membuat sebuah blog dengan topik yang kita sukai, maka saat kita menulis sebuah artikel tidak terlalu bingung bahkan bisa mendapatkan ide-ide baru.

3.Belajar cara SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah optimasi yang di lakukan terhadap blog yang bertujuan untuk meningkatkan popularitas sebuah blog di mata mesin pencari, semakin meningkat semakin besar kemungkinan trafik (visitor) itu pengertian singkat dari SEO. Anda bisa mempelajari ilmu tentang SEO di internet, banyak sekali asalkan kita mau mencoba dan terus mencoba. Ilmu seperti tentang cara menulis artikel SEO, cara menanam backlink, optimasi one page, optimasi off page, setting template SEO yang sangat berguna untuk meningkatkan blog anda.

4.Cara Menulis Artikel

Cara menulis yang di ajarkan oleh guru-guru anda saat masih sekolah sangat berbeda dengan cara menulis di sebuah blog. Di blog kita tidak perlu memperhatikan ejaan bahasa yang benar pokoknya bebas deh, mau pake bahasa alay, bahasa gaul ataupun bahasa alien gak papa asal bisa hehe... tapi yang harus di perhatikan adalah SEO artikel tersebut. Penggunaan Heading, seperti H1, H2, H3, H4..,keyword (kata kunci) sangatlah penting dalam sebuah blog,. Semua itu bisa di pelajari secara mendetail di internet.

5.Mencari Sebuah Referensi

Untuk memunculkan ide baru tentang mau kemana blog kita nantinya, sangatlah membutuhkan sebuah referensi ketika menjadi seorang blogger. Biasanya yang saya lakukan adalah mencari refrensi di beberapa blog terkenal yang satu topik dengan blog saya. Ketika kita bingung mencari apa yang akan kita tulis bisa mencarai refrensi dari blog lain untuk memunculkan ide-ide baru di pikiran kita, biasanya kebingungan ini muncul di tengah-tengah saat jadi blogger. Selain mencari refrensi di blog lain biasanya saya mendapatkan refrensi di kehidupan nyata, ketika ada permasalahan dan saya mempunyai ilmu baru, hal tersebut saya tulis di blog.


6.Jangan Malu Memperkenalkan Blog Anda

Dengan memperkenalkan blog kesemua orang dapat memajukan sebuah blog kita. Walaupun blog kita masih biasa saja jangan malu untuk memperkenalkanya. Biasanya saya sendiri suka share artikel terbaru ke beberapa sosmed dan groub sosmed untuk memeperkenalkan blog saya. Selain itu anda bisa membuat fanspage di facebook untuk media share blog anda.

Demikian info yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel