7 Cara Optimasi SEO Lewat Gambar

Kebanyakan blogger pemula belum mengetahui apa itu optimasi gambar dan hanya fokus optimasi blog dan artikel saja . Bahwa sebetulnya agar setiap postingan lebih SEO friendly dan bisa berada pada halaman pertama di beranda google, maka kamu harus melakukan optimasi gambar.

cara optimasi seo, cara gambar seo, cara optimasi seo gambar
7 cara optimasi seo lewat gambar

Yang perlu anda ketahui khusunya bagi blogger pemula bahwa google melakukan peng-indexan bukan hanya pada artikel saja, atau kata kunci yang sedang ditargetkan. Namaun Anda juga harus tau bahwa google mempunyai IMGAE SEARCH (pencarian berdasarkan gambar).

Jika sebuah gambar yang terindex google  dihalaman pencarian gambar, yang nantinya akan tertuju pada halaman blog kita. Maka kemungkinan mendapatkan traffic pengunjung akan jauh lebih besar. Karena gambar sangat berperan besar pada penampilan suatu blog, dengan memasang gambar pada blog akan terlihat lebih cantik dan lebih menarik.

Baca Juga: Cara Menentukan Niche Blog Ramai Pengunjung

Jadi setiap posting artikel wajib melakukan optimasi gambar secara maksimal agar postingan lebih SEO friendly. Hal tersebut sangatlah penting untuk dilakukan karena bisa membuat kecepatan loading blog menjadi cepat dan gambar bisa cepat terindex oleh google. Bila sebuah situs/blog yang lambat loadingnya akan besar kemungkinan pengunjung meninggalkan blog karena terlalu lama proses loadingnya.

Berikut adalah cara optimasi gambar aga postingan lebih SEO friendly:

1. Menggunakan gambar yang menarik serta relevan.

Bila kita menambahkan sebuah gambar pada blog atau webstie harus menarik dan berkaitan dengan artikel kita. Misalnya kita buat artikel teknologi maka kita bisa tambah gambar-gambar yang berkaitan dengan sebuah teknologi. Hal tersebut bisa membuat konten kita jadi menarik dan ada sesuatu yang ditawarkan pembaca. Untuk penambahan gambar yang menarik bisa dengan koleksi foto Anda atau melalui internet bisa menggunakan sebuah situs Pixabay.com. Di situs tersebut banyak gambar gratis dan bebas untuk digunakan.

2. Menggunakan gambar yang ringan.

Selain unik dan relevan gambar harus ringan, karena apa? Sebuah gambar yang ringan akan mudah untuk di akses oleh pengunjung. Sebelum menambahkan gambar pada artikel alangkah baiknya di edit dulu agar lebih lebih kecil ukuranya. Bisa menggunakan aplikasi seperti photoshop ataupun melalui situs online.

3. Menyesuaikan dimensi gambar dengan artikel.

Setelah di edit ukuranya lalu di upload pada sebuah artikel. Dan sini juga harus di sesuaikan dimensi ukuran sesuai dengan panjang dan lebar artikel kita. Dengan cara klik gambarnya lalu sesuaikan dimensinya dengan memilih salah satu dari Small ,Medium, large, X-large, Original size. Dan perhatikan juga untuk penyesuaian rata kanan, tengah, atau rata kiri dengan cara pilih salah satu antara Left, Center, dan Right. Hal itu untuk memadukan ukuran gambar dengan panjang dan lebar artikel agar lebih pas dan enak di pandang tentunya SEO friendly.

4. Mencantumkan kata kunci pada nama file gambar.

Dan sebelum menambahkan gambar pada artikel ubah dulu nama filenya sesuai dengan kata kunci artikel anda. Misalnya anda buat artikel tentang cara belajar SEO, maka ubah nama file dengan kata kunci tersebut. Hal itu akan membantu optimasi gambar lebih SEO.

Baca Juga: Pengertian Tentang Blog AMP Dan Manfaatnya

5. Mencantumkan kata kunci di title text, alt text.

Kalau tadi kata kunci di nama file dan sekarang untuk menambahkan kata kunci di title text, alt text gambar artikel. Anda bisa klik gambarnya lalu pilih properties.

6. Menambahkan caption gambar (keterangan gambar).

Anda bisa juga menambahkan caption gambar pada artikel dengan cara klik gambarnya lalu pilih Add caption. Bisa di kasih keterangan sesuai judul artikel Anda.

7. Hilangkan link pada gambar.

Dan sebelum anda mengupload artikel anda jangan lupa hilangkan link pada gambar. Dengan cara klik gambar lalu pilih Link di samping kiri menu saat kita mau upload gambar.

Nah itulah cara optimasi SEO gambar yang sering saya lakukan. Demikian info yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel