8 Tips bagaimana cara memilih template premium blogger untuk pemula

Hallo sobat blogger kali ini kita bahas template premium blogger, ya sekarang ini banyak sekali template premium yang di buat oleh para master desain yang mempunyai berbagai pilihan mulai dari tampilan sampai dengan fasilitas-fasilitasnya. Banyak dari para publisher blogger yang hanya fokus editing template dibanding membuat konten  artikel yang berkualitas. Untuk mencapai keberhasilan sebuah blog juga di pengaruhi oleh template blog yang tepat dan menarik bagi para pengunjung.

Tips memilih template premium blogger, template premium, cara memilih template premium


Dan tidak kalah penting dari tampilan sebuah blog yang menarik ada juga yang lain yaitu pagespeed atau kecepatan akses loading blog juga sangat berpengaruh. Selain itu untuk mempengaruhi kekuatan artikel di beranda google ada beberapa faktor lainnya juga. Seperti pemilihan template yang tepat juga memiliki peranan penting untuk membantu sebuah artikel original dapat bersaing di beranda google.

Seperti template premium blogger yang saya gunakan saat ini adalah karya dari mas sugeng (pemilik sugeng.id). Banyak yang berpendapat tampilanya kurang menarik dan kurang asik di lihat, ya namanya juga selera orang berbeda-beda bukanya begitukan. Kalau untuk tampilan saya lebih suka hasil editan sendiri tetapi untuk kualitas SEO template tersebut saya harus mencobanya terlebih dahulu sebelum mengetahui kelebihanya.

Setiap template blogger premium pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang memiliki kualitas SEO template yang ajaib dan ada juga memiliki tampilan yang menarik dan enak untuk di lihat. Supaya blog anda mudah untuk mendapatkan visitor kedua faktor tersebut harus saling beriringan. Agar pengunjung lebih betah berlama-lama walaupun hanya sekedar melihat tampilan blog kita tersebut.

Untuk cerita saya sampai sini dulu ya, kembali ke pembahasan kita tentang “ Tips bagaimana  cara memilih template premium blogger bagi pemula”. Berikut ini saya kasih tips-tipsnya buat sobat blogger supaya tidak salah pilih karena jika anda suka ganti-ganti template blog saya yakin anda tidak akan merasakan sebuah kemajuan. Bahkan yang terjadi visitor semakin hari akan semakin menurun dan menghilang.

Berikut ini adalah Tips bagaimana cara memilih template premium blogger untuk pemula:

1.Loading template blog Cepat dan Ringan

Ada berbagai  faktor yang mempengaruhi pagespeed atau kecepatan akses blog menjadi berat mulai dari Iklan Banner sampai dengan script kode Widget tertentu. Pilihlah template yang terpercaya dan ringan, jika perlu anda coba terlebih dahulu sebelum membelinya. Loading kecepatan blog yang bagus adalah di atas 80% jika banyak menggunakan iklan Adsense dan jika tidak menggunakan Iklan atau Banner di atas 90%.


2. Template Yang Responsive

Supaya tidak tejadi keselahan sedikitpun anda harus terus memantau tampilan blog untuk versi Dekstop maupun versi Mobile. Yang terkadang kita abaikan dan tidak kita teliti secara mendetail yang harus anda perhatikan adalah pengaturan versi Mobile. Usahakan semua banner blog ataupun tulisan  mudah di lihat dan tidak saling tumpuk satu sama lain. Perhatikan juga tulisan artikel harus optimal dari kiri dan kanan. Agar tetap enak di lihat dengan perangkat apapun termasuk ipad maupun Handphone itulah template yang bagus.

3. Support Google AMP

Sebuah template yang lebih mengutamakan kecepatan loading blog saat di akses melalui Smartphone maupun Komputer itulah yang di maksud dengan AMP (Accelerated Mobile Pages). Untuk menggunakan Template AMP anda harus tahu dan mengerti terlebih dulu dasar-dasar peraturannya. Jika anda belum paham saya sarankan menggunakan Template Non AMP saja seperti Template blog ini yang saya gunakan masih HTML.

Baca Juga:



4. Mobile Friendly

Hampir 90% visitor blog saat ini para pengunjungnya lebih banyak menggunakan Smartphone di bandingkan dengan perangkat komputer. Seperti blog saya ini kebanyakan pengunjungnya dari smartphone. Untuk artikel anda agar mudah bersaing di beranda google untuk versi mobile bisa menggunakan Template Mobile Friendly.

5.Tidak Terdapat Script Iklan Bawaan

Jika ada script iklan pada template perlu anda curigai bahwa template tersebut pasti sudah dilakukan modifikasi orang lain. Untuk semua template premium blogger yang bagus pasti tidak akan ada iklan yang tertanam di template tersebut. Jika anda tetap menyukai template tersebut bisa menghapus script iklan apapun yang masih menempel. Bersihkan semua link bawaan yang menggangu termasuk link blog pembuat template itu.

6.Fitur-Fitur Pendukungnya Yang Lengkap

Yang harus tetap anda perhatikan satu persatu adalah fitur-fitur pendukung pada template blogger. Cek dan pastikan semua fitur-fitur tersebut ada seperti Sticky menu, Sticky widget/sidebar, 3-tab comment, 3-tab post navigation, Share button, Back to top button dan lain sebagainya.Bisa anda cek tampilanya baik versi Mobile maupun Dekstop untuk dapat melihatnya secara maksimal.


7. Mempunyai Fasilitas Navigasi Yang Jelas

Pilihlah template blog yang mempunyai fasilitas navigasi yang jelas seperti menu, Recent Post (Postingan Terbaru), Popular Post (Postingan terpopular), Widget Related Post (Artikel Terkait) dan Search Box (Kotak pencarian). Apakah tampilan beberapa jenis fasilitas di atas sudah sesuai dan menarik untuk di lihat , jika kurang menarik jangan paksakan untuk menggunakannya jika anda tidak ingin kecewa nantinya. Saya sarankan  menggunakan template lainnya yang lebih menarik.

8.Setialah Pada Satu Template Yang Sudah Digunakan

Sebuah tindakan yang dapat mempengaruhi performa sebuah blog adalah sering gonta-ganti template blog yang sudah di gunakan sebelumnya kebanyakan orang melakukan hal ini. Sebenarnya hal itu juga mempengaruhi kepercayaan google pada situs anda dan selain itu anda juga harus derepotkan dengan mengedit ulang template tersebut. Saya tidak pernah menggonta-ganti template nulkharim.com sampai sekarang karena saya tidak ingin kehilangan visitor yang sudah datang.

Kesimpulan

Untuk mempengaruhi performa blog anda pilihlah template premium blogger yang tepat dan menarik. Dan perhatikan semua fasilitas yang diberikan mulai dari tampilan sampai dengan widget yang di sediakan. Setia pada satu template untuk anda gunakan selamanya dan untuk mengubah tampilan cukup merubah warna tampilan blog. Terus pantau tampilan blog pada versi Mobile maupun Dekstop supaya tidak ada kesalahan yang dapat menganggu pengunjung.

Demikian info yang dapat saya sampaikan dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel