CPC Rendah? Berikut Tips Cara Meningkatkan CPC

Sebagian besar para Blogger pasti tidak asing lagi dengan kata CPC. Yap CPC (Cost Per Click) merupakan biaya untuk tiap klik iklan yang di tawarkan oleh pihak pemasang iklan atau bahasa kerennya advertiser.

CPC Rendah? Berikut Tips Cara Meningkatkan CPC

Jadi pihak publisher mendapatkan penghasilan berdasarkan setiap terjadi klik pada iklan dan untuk besar kecilnya pendapatan tergantung nilai CPC iklan tersebut. Pada Intinya semakin besar nilai CPC iklan maka berpeluang besar untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi besar kecilnya jumlah klik iklan pada sebuah blog yaitu jumlah visitor/pengunjung. Sedangkan untuk besar kecilnya nilai CPC dipengaruhi oleh beberapa hal di sebuah blog, bisa karena niche blog, konten, dan bahkan letak geografis. Dan untuk besar kecilnya CPC pun tidak bisa di tebak.

Berikut adalah cara meningkatkan nilai CPC pada blog:

1. Pilih Niche Blog yang CPC Tinggi

Tanpa disadari salah satu penyebab yang mempengaruhi besar kecilnya CPC adalah Niche atau topik blog. Biasanya sebuah blog yang membahas satu niche/satu topik lebih memiliki nilai CPC tinggi dibandingkan blog gado-gado atau membahas banyak topik.

2. Targetkan Kata Kunci (Keyword) yang CPCnya Tinggi 

Perlu kalian kertahui bahwa kata kunci pada konten blog ternyata dapat mempengaruhi besar kecilnya nilai CPC. Misalkan terget kata kunci yang tidak tepat dapat mempengaruhi kecilnya nilai CPC. Maka untuk mendapatkan topik dengan nilai CPC tinggi bisa dilakukan dengan cara riset keyword terlebih dahulu. Biasanya saya menggunkan Ubbersugest untuk riset keyword.

Baca Juga:  Cara Menentukan Niche Blog Ramai Pengunjung

3. Penempatan Iklan yang Tepat

Ada banyak tempat dimana anda bisa menampilkan iklan pada halaman blog seperti di bagian atas halaman, di bawah judul, dalam artikel, sidebar, dan yang lainya. Beberapa blogger berpendapat bahwa menempatkan iklan pada bagian bawah judul, dalam artikel, dan sidebar besar kemungkinan iklan akan dilihat oleh banyak pengunjung. Hal itu juga dipercayai dapat meningkatkan nilai CPC blog anda.

4. Buat Iklan Responsive

Langkah selanjutnya adalah membuat iklan responsive. Iklan responsive merupakan iklan yang tampil otomatis menyesuaikan saat dibuka di desktop maupun mobile. Membuat iklan responsive bukan hanya untuk meningkatkan nilai CPC saja, melainkan juga dipercayai akan memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung blog anda.

5. Targetkan Negara Pengunjung

Menargetkan negara dari pengunjung Ini adalah merupakan salah satu faktor yang paling jitu meningkatkan nilai CPC. Salah satu contoh negara Amerika Serikat, merupakan negara yang memiliki nilai CPC paling tinggi dari yang lain bahkan untuk satu klik iklan dari negara ini berkisar antara1-3 dollar. Berbeda dengan nilai CPC di negara kita sendiri yang relatif rendah yakni hanya berkisar antara 500-1000 rupiah saja. Namun untuk mendapatkan CPC tinggi kita harus punya blog bahasa inggris atau blog bule. Memang untuk membuatnya bukan hal yang mudah tapi untuk hasilnya sangat menjanjikan. Berikut daftar negara dengan CPC tinggi Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Australia, Belanda, Inggris, dan Spanyol.

6.Pilih Beberapa Tipe Iklan yang Berbeda

Secara umum, Google Adsense telah menyediakan berbagai jenis iklan yang bisa anda pilih untuk ditayangkan di blog anda seperti iklan teks, gambar, dan video. Namun kebanyakan pengunjung lebih tertarik dengan iklan gambar ketimbang iklan teks. Dikarenakan iklan gambar lebih menarik dan biasanya menunjukkan isi iklan yang kemungkinan besar tepat dengan apa yang sedang dicari oleh pengunjung.

7.Blokir Iklan yang Tidak Relevan

Yang terakhir dengan cara memblokir kategori iklan yang tidak sesuai dengan topik blog anda. Misalkan blog anda membahas tentang kesehatan namun yang muncul adalah iklan politik, agama dan lain-lain yang dirasa tidak berhubungan dengan topik blog anda. Anda bisa memblokir tersebut karena selain tidak relevan, iklan tersebut juga kemungkinan tidak banyak menarik pengunjung anda yang notabennya mencari informasi kesehatan (perumpamaan topik blog anda), tapi yang muncul malah iklan politik dan lain sebagainya.

Demikian info yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung untuk mendapatkan info-info menarik lainya terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "CPC Rendah? Berikut Tips Cara Meningkatkan CPC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel