6 Hal Yang Perlu Di Perhatikan Membuat Website Sendiri Bagi Pemula

Bagi para web programing dan web designer, membuat sebuah website adalah hal yang begitu mudah dan hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama bisa jadi beranggapan demikian. Namun hal itu berbeda ketika anda ingin membuat website sendiri tetapi anda tidak mengerti apa saja yang di butuhkan untuk berhasil membuat sebuah halaman web yang menarik, unik, dan informatif sesuai yang anda angan-angakan sebelumnya, semua itu akan menjadi suatu hal yang sulit. Bisa jadi anda harus menyiapkan sebuah modal untuk membayar jasa penyedia layanan untuk membuat sebuah halaman website secara profesional. Sebetulnya cara alternatifnya adalah dengan membuat website sendiri untuk menghemat biaya.

membuat website sendiri, cara membuat website, cara membuat blog


Walaupun anda adalah seorang pemula dalam proses pembuatan halaman web sendiri jangan khawatir, yakinlah anda bisa melakukanya dan bisa membuat dengan baik. Terus caranya bagaimana? Sebuah praktek tidak akan berhasil jika tidak adanya pengetahuan yang mencukupi. Anda perlu mengenal hal-hal dasar yang menjadi poin penting dalam proses pembuatan halaman website, itulah hal yang harus anda ketahui sebelum anda mencoba tahap demi tahap pembuatan website untuk penunjang usaha online anda. Apa saja itu? Beberapa di antaranya adalah tips dan saran praktis untuk melengkapinya, istilah-istilah yang mungkin belum anda ketahui, dan beberapa detail informasi yang perlu diperhatikan dan lain sebagainya.

Untuk saat ini dalam hal cara membuat sebuah situs untuk kepentingan bisinis online ada banyak sumber infomasi yang dapat dengan mudah di temukan. Seperti halnya sebuah situs website, buku, dan video tutorial di youtube  yang membahas cara-cara dengan mudah untuk membuat website , cara mengembangkan halaman situs web, cara mempromosikan situs baik berupa toko online, portal berita, website intansi atau pemerintah, blog, pengenalan perusahaan atau organisasi dan lain sebagainya. Ada berbagai media yang dapat membantu anda untuk memberikan informasi tentang cara membuat website. Namun yang paling penting adalah ada kemauan untuk belajar.
Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut dalam hal pembuatan sebuah website yang baik dan benar, pertama yang anda harus  perhatikan adalah hal-hal dasarnya terlebih dahulu. Dan untuk mendapatkan sebuah persentase keberhasilan yang lebih besar dalam ketersiapan pembuatan website yaitu dengan cara terlebih dahulu memahami poin-poin dasar dalam pembuatan website. Hal ini sangat bermanfaat dan penting bagi anda yang belum begitu familiar dengan dunia blog atau sejenisnya. Sebelum anda bergerak lebih lanjut untuk memulai membuat website silakan simak panduan mendasar di bawah ini.

1. Tentukan Tujuan Untuk Apa Pembuatan Website

Kebanyakan orang-orang saat ini mencoba-coba membuat website tanpa tahu tujuanya apa dan untuk apa web tersebut dibuat. Sebaiknya anda jauhi hal seperti ini. Pastikan sebelum membuat sebuah website anda telah merencanakannya dengan baik dan matang serta tujuan dan sasarannya. Untuk apakah sebuah halaman website itu dibuat? Untuk keperluan marketing produk secara pribadi atau kelompok, bisnis tulisan berupa artikel, perusahaan, instansi atau pemerintahan dan lain sebagainya.
Semua itu tergantung pada perencanaan tujuan anda untuk apa. Apapun pilihan dan tujuan anda kedepanya, saya sarankan lebih bagus untuk tetap fokus pada satu tujuan saja. Karena satu tujuan yang sudah anda buat sebelumnya akan sangat berpengaruh pada tahap–tahap selanjutnya bahkan untuk mulai mengembangkan sebuah blog anda.

2. Tentukan Nama Domain Yang Cocok Untuk Anda

Selanjutnya, yang perlu anda diperhatikan sebelum lebih lanjut membuat halaman website adalah pikirkan dulu nama domain yang cocok untuk website anda tersebut. Karena apa? Hal Ini dapat diumpamakan seperti anda ingin mencari sebuah tempat, bukankah kita harus tahu alamat tempat tersebut untuk mengunjunginya? Begitulah gambaran singkatnya. Sama halnya dengan sebuah website tempat untuk mencari berbagai informasi yang diperlukan. Juga membutuhkan sebuah nama domain yang mudah untuk di ingat sebagai alamat untuk mencari informasi dalam web anda.

Baca Juga: 6 Langkah Awal Jadi Blogger

Dimana anda diberi kebebasan untuk membuat nama domain sesuai dengan keinginan anda. Nama domain ini dapat ditentukan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Yang perlu di ingat ada ribuan bahkan jutaan website yang sudah memiliki nama domain tertentu, jadi anda harus berusaha memikirkan nama yang belum pernah di buat. Sebab apabila nama domain yang anda inginkan sudah tidak ada itu berarti sudah ada yang memilikinya dan hal tersebut tidak bisa di gunakan lagi jadi anda harus cari nama domain yang lain.

3. Membuat Logo Website Anda

Selain nama, logo website juga memiliki peran penting untuk sebuah website dalam hal untuk bisa mempermudah di kenali oleh para pengunjung. Untuk mempunyai ciri khas tersendiri yaitu dengan cara membuat logo website. Meski sering di anggap remeh oleh beberapa orang, pada kenyataanya logo adalah sebuah kewajiban untuk menunjukan ciri khas tertentu bagi website seperti apa yang anda kelola seperti webite bisnis, toko online, perusahaan atau web sekolah. Dari sinilah web anda bisa dikenali, sehingga tak jarang juga sebuah logo yang mencantumkan nama atau inisial pemiliknya. Sejelek apapun logo itu, ia tetap saja salah satu ciri khas tersendiri dari sebuah situs web.

4. Mengenali Server Web Hosting

Apakah anda tahu apa yang di maksud dengan Web Hosting? Yah, seseorang yang ingin membuat website atau situs harus tahu apa itu  web hosting dan untuk apa fungsinya terlebih dahulu. Sebuah layanan yang berfungsi untuk menyimpan file yang dibuat dalam sebuah website itulah yang di sebut dengan Web Hosting. Tentunya dengan memanfaatkan jenis layanan ini secara otomatis file–file yang anda buat dan anda miliki dalam sebuah situs website akan tersimpan di perusahaan penyedia layanan yang anda percayai.
Karena saat ini ada banyak sekali penyedia layanan ini, maka anda perlu berhati –hati dalam memilihnya. Pastikan Server Web Hosting yang anda gunakan nantinya adalah yang terbaik dan dapat di percaya agar file-file kita aman.

5. Pahami Hal-Hal Dasar Tentang Sebuah Website

Sebelum anda melakukan rencana untuk membuat sebuah website, belajarlah terlebih dahulu seputar dasar-dasar pembuatan dan pengelolaan website untuk selanjutnya. Itulah strategi dalam perencanaan dan persiapan yang perlu di lakukan untuk membangun website. Pelajari web sederhana dan pembuatanya itu saja sudah baik dan anda tidak perlu terlalu memikirkan sampai benar-benar mahir atau handal. Dengan sedikit demi sedikit pengetahuan mendasar yang nantinya akan di perlengkapi dengan praktek akan membuat anda lebih siap.

6. Ketahui Kesalahan Umum Penyebab Website Gagal

Tahukah anda bahwa bisa dikatakan lebih dari 90% total website baru yang bermunculan mengalami kegagalan dalam hal pembuatan, pengelolaan, dan juga mungkin berbagai macam penyebab yang lainnya.Oleh karena itu, untuk mengurangi resiko kegagalan dalam pembuatan website yang akan anda buat sebaiknya anda perlu dengan teliti memahami hal–hal dasar dan alasan mengapa sebuah web bisa dikatakan gagal. Sebagai intinya anda harus berusaha menyadari hal–hal apa saja yang tentunya dapat menjadi faktor penyebab kegagalan anda. Meskipun hal ini kelihatannya agak sulit tetapi yakinlah dengan usaha yang sudah anda persiapkan sebagaimana poin sebelumnya akan menuaikan sebuah hasil. Persiapan yang matang untuk mengantisipasi kegagalan adalah poin penting dan jangan mudah menyerah untuk mencoba.

Sekian info yang dapat saya sampaikan  penjelasan singkat tentang apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuat sebuah website sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "6 Hal Yang Perlu Di Perhatikan Membuat Website Sendiri Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel