Keputihan Bahaya Tidak Sih? ini dia Cara Mengatasi Keputihan

Semua wanita pasti pernah mengalami yang namanya keputihan dan sebenarnya bahaya nggak sih keputihan ini. Dan bagaimana cara mencegah supaya tidak keputihan?
Keputihan bahaya tidak sih? Ini dia cara mnegatasi keputihan

Kebanyakan para wanita pasti pernah mengalami keputihan dan sering kali menyepelekan hal ini. Para wanita sering beranggapan ya udah lah keputihan ya keputihan aja paling mau menstruasi atau mungkin lagi stres. Jangan salah keputihan ini bisa membawa mala petaka bukan hanya buat Anda para wanita dan juga buat keturunan Anda.

Jadi sebenarnya keputihan itu apa sih? Keputihan adalah cairan apapun yang keluar dari vagina wanita selain darah. Nah seperti saya bilang tadi pasti para wanita pernah mengalami keputihan dan sebenarnya bahaya nggak sih? Keputihan atau dalam bahasa medisnya disebut dengan Fluor albus. Keputihan di bagi menjadi dua yaitu ada yang normal (Fisiologis) dan tidak normal (Patologis).

Terus gimana cara mengetahui keputihan normal atau tidak?
Keputihan normal memiliki ciri-ciri sebagai berikut yaitu cairan yang keluar encer, tidak berbau, tidak berwarna, tidak gatal, dan jumlahnya sedikit. Keputihan yang normal biasanya terjadi karena:

  • Pada masa-masa menjelang haid.
  • ibu-ibu sedang hamil.
  • Pada orang-orang yang konsumsi obat-obatan seperti anti biotik, kortikosteroid.
  • Lagi stres.
  • sedang mengalami rangsangan seksual.

Sedangkan keputihan patologis adalah cairan yang terjadi akibat reaksi tubuh terhadap luka, dimana luka ini bisa disebabkan karena infeksi mikroorganisme. Seperti contohnya:

  • Kalau keputihan kalian bergumpal-gumpal dan seperti susu serta berbau asam maka kemungkinan kalian menderita infeksi jamur atau bisa disebut dengan Kandidosis vulvavaginalis.
  • Kalau cairan kalian lebih encer dan berwarna kuning kehijauan serta berbau anyir maka kemungkinan kalian terkena infestasi parasit Trichomonas vaginalis.
  • Sedangkan apabila cairan kalian berwarna abu-abu cenderung berbau amis maka kemungkinan kalian menderita Bacterial vaginosis.

Juga yang perlu kalian ketahui apabila cairan keputihan kalian itu warnanya nggak jelas dan tidak bisa digolongkan dengan seperti seperti di atas serta baunya tidak jelas. Tapi ada rasa panas dan gatal di daerah kewanitaan Anda maka kemungkinan kalian terkena GO (gonore).
Disebabkan karena stres, kurang menjaga kebersihan, dan selain itu bagi orang-orang yang memiliki kadar gula darah tinggi bukan berarti Diabetes militus ya, akan memudahkan jamur untuk tumbuh di area organ intim. Sebenarnya apasih yang menyebabkan keputihan patologis? Bisa terjadi karena Sexual Transmitted Disease atau penyakit yang ditularkan melalui hubungan seks.

Baca Juga: Kenapa Vagina Bau? dan cara menjaga kebersihanya

Bener nggak sih katanya keputihan bisa membuat kemandulan? Jawabannya iya memang bisa. Tapi jangan khawatir nggak semua keputihan bisa membuat mandul. Infeksi yang terjadi didaerah kewanitaan bisa disebabkan karena Chiamydia Trachomatis Bacteria, Neiserria gonorrhoeae, serta bakteri aerob dan anaerobik lainya. Infeksi ini kalau tidak diobatin akan naik keatas istilahnya infeksi asenden mulai dari Endometrium, Meometrium, Parametrium, Tuba falopi/oviduct, bahkan ke Ovarium atau indung telur.

Maka buat kalian para wanita jangan menganggap remeh keputihan yang pernah kalian alami. Kenali keputihan kalian apakah tergolong normal atau tidak normal
Keadaan inilah apabila tidak diobati akan memicu terjadinya perlengketan, perlengketan ini sangat berpengaruh pada fertilitas atau kesuburan wanita. Kalau terjadi perlengketan maka akan mempersulit terjadinya pembuahan. Nah inilah yang disebut-sebut dengan susah hamil. Harus kalian waspadai yaitu

  1. Kalau kalian mengalami Nyeri pada perut bagian bawah.
  2. Adanya cairan vagina.
  3. Untuk yang sudah menikah akan mengalami nyeri saat berhubungan badan.
  4. Pendarahan setelah berhubungan intim.
  5. Adanya demam.
  6. Sakit saat buang air kecil.
Apabila kalian mengalami keputihan tidak normal maka sebaiknya kalian langsung cek kedokter supaya segera di obati dan mencegah resiko terjadinya perlengketan tadi.

Bagaimana cara mencegah supaya tidak keputihan? 

Kalau keputihan menjelang Haid itu biasa saja tapi untuk yang lainya kalian bisa simak berikut ini:

1. Jangan pakai sabun diarea organ intim

Terus bagaimana cara membersihakan organ intim kalau nggak pakai sabun. Cukup mudah bisa dengan cara bilas dengan air saja sudah cukup.

2. Jangan menggunakan penyemprot vagina atau vaginal douche

Karena oragan intim wanita normalnya ber pH asam sekitar 3,8-4,5. Darimana sih asam ini berasal dari Asam laktat yang merupakan hasil dari mikroflora Lactobacillus acidhophilus. Ketika Anda menggunakan sabun atau vaginal douche maka pH vagina akan rusak dan tidak asam lagi. Hal ini akan mematikan mikoflora normal Lactobacillus acidhophilus dan memungkinan bakteri-bakteri jahat bisa tumbuh.

3. Jaga kebersihan pakaian dalam

Dengan cara ganti celana dalam kalian setelah habis mandi. Hindari penggunaan seharian penuh. Kalau bisa pakai celana dalam katun jangan berbahan nilon karena bahan katun bisa menyerap keringat sehingga area intim Anda tidak gampang lembab.

4. Hindari celana yang terlalu ketat

karena kalau celana Anda terlalu ketat maka sirkulasi udaranya tidak bagus.
Hal ini bisa memudahkan bakteri anaerob untuk tumbuh. Bakteri anaerob itu adalah bakteri yang tidak butuh oksigen untuk hidup dan berkembang biak.

5. Keringkan dengan tissue setiap habis cebok/membasuh

Hal ini merupkan cara mencegah kelembapan yang sering Anda lupakan. Keringkanlah setelah anda cebok bisa menggunakan tissue dengan cara di tepuk-tepuk saja tissuenya pada area kewanitaan Anda. Jangan di gosok dari belakang ke depan nanti kuman-kuman di daerah anus kebanyakan E. coli (Escherichia coli) nanti dia biasa kebawa kearea intim dan bisa menyebabkan keputihan juga.

6. Rajin ganti pembalut saat menstruasi

Apabila saat kalian menstruasi jangan malas-malas untuk ganti pembalut. Dan setiap kalian merasa penuh silakan untuk mengganti. Dan bagi kalian yang darah mensnya sedikit maksimal 6 jam sekali. Karena kalau kotor dan tidak di ganti-ganti bakteri akan mudah tumbuh dan akan menyebabkan keputihan lagi.

Kesimpulannya

Jangan takut yang penting kenali keputihanmu, cek segera keputihanmu kedokter  apabila tidak normal dan yang terpenting jaga kebersihan area intim Anda.
Sekian info yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, bila artikel ini bermanfaat bisa anda share ke medsos kalihan supaya banyak yang tahu informasi ini. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel