Pengertian Tentang Blog AMP Dan Manfaatnya

Apa itu AMP (Accelerated Mobile Page) ? Mungkin sebagian orang sudah mengenalnya apalagi yang sudah cukup lama berkecimbung didunia blogger. Sebuah fitur dari google yang bisa dengan mudah diterapkan di website pribadi anda itulah yang di maksud dengan Google AMP. Untuk website yang ada fitur AMPnya dapat dengan mudah meningkatkan jumlah pengunjung. Karena keunggulan adanya fitur AMP dapat memastikan konten anda yang ada dalam website dapat di akses lebih cepat.

pengertian blog amp, blog amp adalah, manfaat blog amp


Pada dasarnya dalam cara kerja fitur google AMP hamlir sama dengan Facebook Instant Articles. Tetapi, fitur Google AMP digunakan pada platform berbeda. Pada Google AMP menggunakan sebuah platform mesin pencari google, lain halnya dengan Facebook Instant Articles yang menggunakan sebuah platform media sosial berupa Facebook. Anda dapat melihat secara langsung sebuah website yang menggunakan fitur Google AMP dengan menggunakan hasil pencarian Google.

Lalu bagaimana caranya blog atau website dengan menggunakan fitur Google AMP untuk meningkatkan pengunjung. Adanya fitur Google AMP dapat meminimalisir pada penggunaan seperti CSS, JavaScript, dan HTML sehingga memerlukan waktu memuat lebih sedikit dan efekgif. Karena pada dasarnya, adanya fitur Google AMP dapat membuat halaman website anda lebih ringgan dan mudah untuk di akses.

Dengan adanya fitur AMP akan menyimpan cache website pada awalnya. Sehingga tidak perlu mengunduh file berulang kali untuk sekedar membuka halaman website yang akan dibuka jika almatnya sama, karena cache tersebut akan di muat kembali. Itulah gambaran singkat sistem kerja dari fitur Google AMP. Ada tiga komponen utama yang anda butuhkan untuk membuat sebuah halaman Google AMP.

Baca Juga: 4 syarat wajib dan kriteria blog agar mudah di terima google adsense

AMP HTML

HTML untuk konten artikel seperti berita dan yang lainya merupakan sebuah bagian dari AMP HTML. Terdiri dari custom tag seperti adanya amp image, amp video, dan amp iklan itu merupakan bagian dari AMP HTML. Dalam penggunaan tag JavaScript, CSS, dan HTML akan di minimalisir pada struktur AMP HTML. Fitur AMP HTML ini akan memberikan prioritas akses melalui sebuah mobile untuk meningkatkan pengunjung blog. Dengan menyesuaikan gambar, mengecilkan ukuran pada CSS dan HTML dan juga melakukan inline CSS itulah hal yang bisa anda lakukan pada fitur AMP HTML.

AMP JS

Sebuah framework pada JavaScript yang bertujuan untuk mempercepat akses melalui perangkat ponsel atau smartphone dengan sebuah metode asynchronous itulah yang dimaksud dengan AMP JS. Dengan adanya AMP JS prosea rendering di halaman website akan menjadi lebih cepat. Dalam penggunaan JavaScript sendiri dari pihak ketiga tidak dapat dilakukan oleh AMP itu hal yang perlu anda ingat.

AMP CDN

Yang ketiga yaitu Google AMP yang bertugas menyimpan berupa file website sehingga ketika jika di akses berulang-ulang anda tidak perlu mengambil kembali di server komputer itu yang di maksud dengan AMP CDN. Jika ketika seseorang pengunjung mengakses website anda atau membuka website yang sama maka cache akan diaktifkan. Sehingga proses dalam pengaksesan menjadi lebih cepat. Dengan adanya fitur tambahan ini dapat mempermudah pengaksesan di website anda.

Baca Juga: 8 Tips bagaimana cara memilih template premium blogger untuk pemula

Lalu apa saja manfaat dengan adanya Google AMP ini. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan: 

Dapat Meningkatkan Pengunjung Blok atau Website anda

Untuk akses yang mudah dan cepat merupakan salah satu tujuan dari adanya Google AMP. Sehingga dapat meningkatkan adanya pengunjung di website anda. Jika pagespeed atau kecepatanya dibawah rata-rata maka  blog anda akan ditinggalkan pengunjung. Selain itu untuk bersaing di beranda google akan susah karena blog yang lemot.

Dapat Meningkatkan Peringkat Website Anda

Secara tidak langsung mesin pencarian google akan memberikan peringkat baik pada website anda karena loading yang cepat. Apabila peringkat blog di Alexa meningkat bahkan melewati situs-situs besar siapa yang tidak suka dan bahagia. Itu semua karena loading yang cepat dan dapat meningkatkan banyaknya pengunjung dalam blog atau website tersebut. Setiap artikel akan mudah Page One di beranda Google dengan melihat parameter tersebut kita bisa pastikan.

Demikian info yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel