10 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok Tanpa Kita Sadari

Ngomong-ngomong soal rambut pasti semua orang punya, walapun ada juga yang nggak punya sih.. Kali ini akan saya bahas tentang apa sih penyebab hairfall atau rambut rontok terus gimana cara mencegah supaya rambut kita nggak rontok.

Penyebab rambut rontok

Sebelum lanjut ke pemahasanya kalian harus tahu dulu siklus pertumbuhan rambut ada tiga fase yaitu:

1. Fase Anagen

fase pertumbuhan rambut aktif dimana sel-sel yang baru mendorong sel-sel yang lebih tua keatas lepas. Fase ini lamanya sekitar 2 sampai 6 tahun.

2. Fase Katagen

fase transisi yang lamanya 1 sampai 2 minggu dan di Fase ini terbentuk rambut gada atau Club hair.

3.Fase Telogen

fase istirahat atau masa istirahat di mana rambut itu nggak bertumbuh. Nah di fase telogen inilah rambut yang lama akan lepas digantikan dengan rambut yang baru. Rambut yang lepas inilah yang kita suka bilang dengan rambut yang rontok.
Jadi sebenarnya rontoknya rambut itu normal asalkan rambut yang rontok itu jumlahnya sekitar 50 sampai 100 helai dalam satu hari.

Baca Juga: Keputihan Bahaya Tidak Sih? ini dia Cara Mengatasi Keputihan

Nah jadi apa aja sih kebiasaan penyebab rambut rontok?

Penyebab Rambut Rontok

1. Cuci rambut dengan air panas

Kenapa? Karena air panas itu menyebabkan dehidrasi batang rambut akhirnya rambut menjadi rapuh dan patah. Dan air panas akan membilas minyak alami rambut yang menyebabkan kulit kepala makin kering terus merusak akar rambut dan rambut jadi rontok.

2. Paparan berlebihan dari bahan-bahan kimia dan suhu yang panas

Contohnya cat rambut, hair spray, catokan hair dryer. Cat rambut mengandung bahan-bahan kimia seperti amonia menyebabkan rambut lebih rapuh dan gampang rontok. Sedangkan catokan dan hair dryer yang bersuhu panas akan menyebabkan denaturasi protein keratin atau kerusakan protein batang rambut dan merusak kutikula rambut. Yang mengganggu keseimbangan kelembaban rambut dan akan menyebabkan rambut menjadi gampang patah.

3. Menyisir rambut yang basah

Air akan mensaturasi rambut menyebabkan kutikula rambut menjadi terkelupas dan akhirnya rambut akan jadi lebih gampang patah dan rontok. Kutikula rambut itu seperti melapisi rambut ibaratnya seperti sampul yang melapisi buku. Selain itu menggosok-gosok rambut basah secara keras dengan handuk akan memperparah kerusakan dari kutikula rambut.

4. Mengikat rambut terlalu kencang

Nah buat kalian yang suka dikuncir tuh mengikat rambut terlalu kencang akan menyebabkan stres dan tarikan pada folikel rambut. Rambut pun menjadi tegang terjadi perusakan atau destruktif folikel sehingga rambut menjadi rontok. Istilah medisnya yaitu Traction Alopecia, selain itu tarikan juga bisa disebabkan oleh hair extension rambut akan jadi berat. Bisa juga disebabkan karena rambut yang terlalu panjang, kenapa karena batang rambut akan jadi lebih berat daripada yang bisa disangga oleh akar rambut akhirnya terjadi tarikan ke bawah oleh gravitasi. Nah rambut yang diikat saat tidur juga bisa menyebabkan tarikan yang berlebihan pada akar rambut.

5. Garuk-garuk kepala

Kulit kepala yang gatal apapun penyebabnya kalau digaruk akan menyebabkan kutikula rambut jadi terkelupas rambut jadi mudah patah terus rontok deh. Bahasa medisnya yaitu Scartching Induced Hair Damage.

6. Paparan berlebihan dari sinar UV

Sinar UVA akan menyebabkan perubahan pigmen rambut jadi rambut kalian tuh akan berubah warna jadi lebih terang. Sedangkan UVB akan menyebabkan degradasi protein keratin atau protein pembentuk batang rambut.

7. Jarang Keramas dan menggunakan Dry shampoo

Kalian tahu nggak sih kalau kalian itu nggak keramas pakai Dry shampo sel kulit mati, kotoran, debu, minyak segala macam. Itu nggak akan hilang dia akan tetap menempel di kulit kepala kita menyumbat folikel rambut akhirnya pertumbuhan rambut jadi terhambat deh.

8. Stress

Stres secara psikologis akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yaitu peningkatan hormon kortisol yang akan meningkatkan kerja saraf simpatis. Yang kemudian akan mengalirkan darah ke organ-organ utama di Central tubuh seperti jantung, paru-paru, liver, dan ginjal. Efeknya darah yang mengalir ke kulit kepala akan menurun nutrisi rambut pun akan berkurang dan itu akan mengganggu siklus pertumbuhan rambut.

9. Diet berlebihan

Nih coba kalian yang suka dia pasti rambut kalian rontok kan. Ketika kalian diet yang berlebihan nutrisi yang masuk ke tubuh kalian itu kurang dari yang seharusnya badan kalian jadi laper. Akhirnya energi dan nutrisi yang ada cadangan makanan yang ada tuh akan digunakan lagi lagi untuk organ-organ tubuh yang penting. Seperti jantung, otak dan liver terus yang jadi korbannya rambut kita akhirnya rambut akan kekurangan nutrisi untuk tumbuh jadi rontok deh.

10. Pil KB (Kontrasepsi Hormonal)

Ini khusus untuk ibu-ibu, tante-tante kalian semua yang menggunakan alat kontrasepsi berupa pil KB. Penggunaan pil KB akan menyebabkan perubahan hormonal, hormon androgen akan meningkat dihidrotestosteron juga akan meningkat dan menyebabkan miniaturisasi rambut. Miniaturisasi itu rambut-rambut kecil yang tumbuh gitu loh jadi tumbuhnya itu normal.

Setelah kalian tahu penyebabnya gimana sih cara mencegahnya?

1. Cuci rambut dengan air hangat saja, bahkan kalau bisa kalian bilas dengan air dingin dan biarkan rambut yang basah mengering dengan sendirinya. Jangan keseringan pakai hair dryer boleh tapi kira-kira satu sampai dua kali seminggu aja lah cukup.

2. Jangan menyisir rambut ketika masih basah dan juga menggosok terlalu keras dengan handuk ketika masih basah.

3. Meminimalkan mengikat rambut apalagi terlalu kencang. Jangan keseringan pakai hair extension atau kalau udah panjang ya dipotong dan gak perlu juga kali ya kalian tidur sambil mengikat rambut gitu.

4. Kalian juga harus obati penyebab rasa gatal di kulit kepala.

5. Minimalkan penggunaan bahan kimia untuk menjaga PH optimal rambut. 

6. Jangan lupa selalu aku bilang karena kita tinggal di Indonesia adalah negara tropis kalian harus hindari sinar matahari atau kalian bisa gunakan heat protector atau kalian bisa pakai topi.

7. Jangan males keramas.

8. Stress manajemen yang baik.

9. Jangan diet yang berlebihan diet juga harus tetap makan sayur, buah, daging, telur,susu,  segalanya yang mengandung protein dan vitamin. Supaya kalian nggak kekurangan nutrisi dan siklus pertumbuhan rambut kalian tetap berjalan sesuai yang seharusnya.

10. Untuk ibu-ibu, tante-tante, dan kakak-kakak yang cantik kali menggunakan pil KB yang kalian bisa konsultasi dpjp kalian atau dokter penanggung jawab kalian masing-masing. karena mereka lebih mengetahui kondisi kesehatan kalian dan tahu yang terbaik untuk kalian.

Demikian info yang dapat saya sampikan semoga bermanfaat. Dan jangan lupa selalu berkunjung ke blog sederhana ini untuk mendapatkan info-info menarik lainya. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel