5 Cara Mengatasi Stres dengan Mudah

Kenapa stres ini harus diatasi karena stres menjadi akar sumber dari berbagai macam penyakit lain. Karena stres dapat menurunkan imunitas tubuh membuat kita lebih rentan terhadap berbagai macam infeksi dari luar. Menurut WHO dibilang stres adalah "Healt epidemic on the 21st century" karena itulah stres harus diatasi.

stress,stres,Cara Mengatasi Stres,Cara Mengatasi Stres dengan Mudah

Sebelumnya yang harus kalian ketahui stres itu apasih? Stres adalah suatu respon fisiologis tubuh terhadap situasi fisik maupun emosional yang tidak diinginkan. Jadi keadaan-keadaan yang membuat kita baik secara fisik maupun emosional itu harus beradaptasi disebut dengan stressor.

Misalkan jalan macet, mau ulangan tapi waktunya tinggal dikit belum selesai belajar, atau deadline pekerjaan udah mepet dll. Itu semua bikin kita pusing bikin kita terasa stresor yang membuat kita berada dalam kondisi stress.

Tubuh merespon stress ini dengan dua jalur yang pertama yaitu HPA Axis (Hipothalamus Pituitary Adrenal Axis) intinya tubuh akan merespon dengan mengeluarkan kortisol hormon stres. Dan yang kedua yaitu aktivasi sistem saraf simpatetik yang akan menghasilkan hormon adrenalin dan noradrenalin.

Jadi apa yang kita rasakan sama stress pertama kita akan merasakan detak jantung kita jadi lebih cepat atau deg-deg an, tekanan darah juga meningkat. Jadi bagaimana cara mengatasi stres simak tips-tips berikut ini:

Cara Mengatasi Stres dengan Mudah

1. Latihan Pernapasan

Teknik ini gampang banget murah mudah nggak butuh biaya apapun. Dengan latihan pernafasan atau breating exercise, hal ini ditandai dengan adanya kontraksi diafragma yang lebih kuat lalu pembesaran atau ekspansi perut kita jadi melebar. Dan kita akan mengambil dan membuang nafas lebih dalam daripada biasanya.

Terus kenapa latihan pernapasan bisa menurunkan stres? Karena ketika kita melakukan latihan pernapasan kita akan merasa lebih rileks, kita akan mengambil nafas lebih lambat frekuensi pernapasan kita akan menurun. Dia akan memaksimalkan jumlah Oksigen yang kita ambil, selain itu juga dapat menurunkan aktivitas saraf simpatetik dan meningkatkan saraf parasimpatetik. Dia akan lebih seimbang di mana hal itu baik untuk kesehatan mental emosional kita memberikan mood yang lebih baik, suasana lebih gembira dan rileks.

Lalu gimana nih cara melakukannya kalian bisa lakukan latihan ini setiap hari ketika bangun tidur atau kapan pun kalian merasa tiba-tiba panik gitu. Caranya duduk dengan tenang atau berbaring, tarik nafas sebanyak 4x hitungan melalui hidung, lalu buang napas secara berlahan-lahan 6-9× hitungan melalui mulut hingga udara di paru-paru kalian habis, kalian bisa mengulangi hingga 10 kali.

Baca Juga


2. Mendengarkan Musik

Menurut penelitian musik ini terbukti menurunkan kortisol sebagai respon tubuh terhadap stres. Ketika seseorang mendengarkan musik maka berbagai bagian otak akan teraktivasi secara bersamaan terutama bagian otak kanan nih gimana dia akan membuat kita merasakan emosional experience. Musik memang terbukti mampu mengurangi kecemasan.

3. Massage atau Pijat

Efek fisiologis dari pijat ada dua yaitu efek relaksasi dan efek stimulasi. Relaksasi dia akan menurunkan saraf simpatetik dan meningkatkan saraf parasimpatetik agar kita lebih seimbang. Dan yang menarik yaitu yang kedua efek stimulasi ketika kita dipjiat terutama di kepala itu kenapa rasanya enak banget karena tekanan ini stimulasi saraf saraf di kulit hingga ke otak besar atau cerebrum.

Selain itu rasangan mekanik yang ditimbulkan akan menyebabkan relaksasi otot dan pelebaran pembuluh darah. Manfaatnya aliran darah menjadi lebih lancar efeknya tekanan darah menurun, hormon adrenal dan kortisol juga menurun. Untuk mendapatkan efek relaksasi minimal durasi massage yaitu 25 menit.

4. Aromaterapi Lavender

Penggunaan lavender oil untuk aromaterapi telah terbukti mampu menurunkan tingkat stres, kecemasan dan juga bisa memperbaiki mood. Menurut penelitian setelah menghirup lavender oil hasil tes menunjukkan adanya aliran darah ke korteks otak yang lebih tinggi. Artinya aliran darah akan lebih lancar, Oksigen yang ke otak pun akan lebih banyak dan kita akan merasa lebih rileks nggak tegang dan tidak stress. Lavender oil juga terbukti bahwa ini mampu mengaktivasi beberapa bagian otak seperti orbitofrontal, brainstem, thalamus dan cerebellum di mana intinya ini mampu memberikan efek relaksasi.

5. Olahraga

Olahraga banyak banget manfaatnya dan udah nggak terbantahkan lagi. Mencegah berbagai penyakit kronis, memperlancar peredaran darah, membuat kulit menjadi glowing, meningkatkan metabolisme dan meningkatkan daya ingat kita dll. Kalian pernah nggak lagi stres banget, lagi marah terus kalian lari sekencang-kencangnya setelah itu kalian merasa lebih tenang. Hal itu nyata banget bisa kalian coba sendiri untuk membuktikanya. Minimal 30 menit untuk latihan cardio exercise 2-3x seminggu.

Dan sebenarnya selain kelima cara yang saya sebutkan tadi ada cara-cara yang lain. Misalkan makan-makanan yang bisa bikin happy seperti coklat tapi nanti takutnya kebanyakan gula jadi Diabetes, minum kopi nanti terlalu tegang jadi jantungan karena jantungan. Jadi di sini aku memilih tips cara-cara yang sekiranya lebih aman untuk kalian. Sekian tips cara mengatasi stres dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel