5 Kebiasaan Sepele Penyebab Timbulnya Jerawat

Kebiasaan apa aja yang nggak sadar bikin kita jerawatan? Dan gimana sih caranya supaya jerawat nggak datang ke kita.
Jadi pertama kita harus tahu dulu apa sih jerawat itu? Jerawat adalah proses peradangan kronis dari folikel rambut di kulit kita serta dikulit wajah kita dan kelenjar minyak di dalamnya yang disebabkan karena 4 penyebab utama yaitu:
Penyebab timbulnya jerawat

Penyebab Jerawat
  • Peningkatan produksi sebum atau minyak wajah.
  • Karena tersumbatnya pori-pori kulit wajah kita.
  • Karena adanya bakteri propionibacterium acnes.
  • Karena adanya reaksi peradangan atau inflamasi.

Terus Kebiasaan apa aja sih yang secara nggak sadar bikin kita jerawatan:

1. Malas cuci muka

Nih kalian bayangin badan kita sehari-hari tertutup sama baju tapi muka kita nggak. Setiap hari kita itu terpapar debu, asap rokok, polusi bahkan ketika kita dalam ruangan aja nih kita tuh kena AC gitu. Dan itu seharian menumpuk kotorannya minyak segala macam menumpuk di kulit wajah kita. 

Hal itu menyumbat pori-pori di kulit wajah kita dan ujung-ujungnya akan menyebabkan lingkungan yang Anaerob. Anaerob itu artinya kurang oksigen, nah lingkungan anaerob ini memungkinkan serta mendukung pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri propionibacterium acnes penyebab jerawat itu makanya kita jerawatan guys.

2. Menggunakan produk rambut atau hair care

Nah bagi kalian nih para perempuan yang suka pakai hair tonic atau vitamin rambut itu ada yang di spray dan heat protector itu juga di spray kan. Nah terus kalian cowok-cowok juga suka pakai pomade itu secara nggak sadar itu emang suka kena ke muka kita.

Hal ini nggak baik dan ini harus lebih diperhatikan lagi. Kenapa? Karena produk-produk rambut hair care ini dibuat bukan untuk skin friendly tapi scalp only. Dan segala macam bahan yang bukan dibuat untuk kulit terkena kulit akan menimbulkan proses iritasi lama-kelamaan. Dan akan menimbulkan proses peradangan atau inflamasi hal ini juga bisa memicu terjadinya jerawat.

3. Main HP

Nah bayangin ya tangan kita kan seharian habis pegang banyak banget barang. Terus kebanyakan HP kita kan touch screen terus kita pegang-pegang dan misal ada telpon masuk terus kita angkat di tempelin di pipi. Nah ini kotoran yang seharian ada di tangan kita nempel di layar HP nempel juga ke pipi. Ini akan menyebabkan penyumbatan pori-pori. Dan juga terus kumannya bisa tumbuh di kulit di daerah pipi. Jadi bagi kalian yang ada jerawat di daerah pipi mungkin di daerah depan telinga itu bisa jadi gara-gara tangan kalian kotor pegang HP dan HPnya nempel di pipi.

4. BAB nggak lancar

Apasih hubungannya jadi sampah atau kotoran di usus kita dalam bahasa medisnya bilang feses. Feses ini ditampung di usus besar, usus besar punya fungsi yang namanya penyerapan. Jadi kalau misalkan kita tuh lama nggak BAB itu feses menjadi keras. Karena air di feses ini diserap terus sama usus besar. Tapi ada kerugian tambahannya karena ini kotoran dan sampah mengandung toksin dan racun-racun yang harus dibuang sama tubuh.

Tetapi dia nggak keluar-keluar akhirnya si toksin ini juga ikut diserap sama usus besar kita. Dan toksin masuk kedalam pembuluh darah beredar lagi di dalam tubuh akan mencari jalan keluar lain dari tubuh. Salah satunya yaitu melalui kulit nah disinilah akan terjadi proses peradangan karena kulit harusnya tidak mengeluarkan toksin yang dikeluarkan oleh usus. Nah ini bisa menimbulkan jerawat.

5. Makan-makanan yang manis

Makan makanan yang manis ya bukan gorengan, coba kalau misalkan ada orang yang bilang jangan makan gorengan banyak-banyak kalau nanti jerawatan. Sebenernya sih belum ada penelitian yang valid yang menunjukkan hubungan langsung antara makan gorengan atau minyak-minyak sama timbulnya jerawat.

Terus kenapa makanan manis Iya karena ketika kita makan terlalu banyak makanan yang manis ni maka akan terjadi peningkatan produksi hormon insulin yang berlebihan di tubuh. Efeknya apa sih hormon insulin ini? Bisa meningkatkan produksi sebum atau minyak wajah itu salah satu penyebab jerawat. Karena makan-makanan manis itu bisa menimbul kan jerawat dan bukan makan gorengan ya.

Baca Juga:

Jadi apa aja yang bisa kita lakukan untuk meminimalkan terjadinya jerawat yaitu:

1. Cuci muka yang bersih dan secukupnya jangan males males tapi jangan berlebihan juga ingat kita malah kering.

2. Kalian harus memperhatikan penggunaan produk-produk rambut atau hair kalian jangan sampai kena muka.

3. Kalian harus cuci tangan yang bersih jangan main HP keseringan tuh dan jangan sampai nempel ke pipi kita maksudnya.

4. Hindari sinar matahari terutama jam-jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Karena itu intensitasnya paling tinggi dan radiasi ultraviolet ini bisa memicu terjadinya peradangan atau inflamasi bisa bikin iritasi. Hal juga ini akan memicu terjadinya jerawat juga.

5. Jangan makan terlalu banyak makanan yang manis-manis. Karena ini bisa meningkatkan produksi insulin dan ujungnya muka kita akan lebih berminyak.

6. Berolahraga karena olahraga akan membantu tubuh dalam mengeluarkan toksin yang ada dalam bentuk keringat.

7. Rilek jangan stres, karena stress bisa meningkatkan hormon kortisol yang ujung-ujungnya akan meningkatkan proses peradangan atau inflamasi di tubuh termasuk di kulit dan itu bisa menyebabkan terjadinya jerawat.

Demikian info yang dapat saya sampikan semoga bermanfaat. Dan jangan lupa selalu berkunjung ke blog sederhana ini untuk mendapatkan info-info menarik lainya. Sekian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel