Apakah Mata Minus Bisa Disembuhkan?

Mata minus adalah suatu keadaan dimana sinar yang masuk kemata itu jatuh di depan retina. Retina itu adalah bagian belakang dari bola mata dimana disitu terdapat reseptor atau sel-sel penerima cahaya dan warna.

Sel penerima warna inilah yang nantinya akan meneruskan sinar yang masuk untuk disampaikan ke otak, nah di otak inilah terjadi persepsi melihat. Pada mata minus atau rabun jauh ini sinar jatuh didepan retina. Maka nya benda yang jauh jadi terlihat buram di mata kita dalam bahasa medisnya dibilang Miopia.

Nah terus kenapa bisa terjadi mata minus atau rabun jauh? Sebenarnya ada beberapa penyebab karena terlalu medis dan terlalu ilmiah. Jadi aku sampaikan aja yang paling umum terjadi adalah

1.Karena bola mata yang terlalu panjang apabila bola mata kita terlalu panjang maka sinar akan jatuh didepan retina bukan di retina nya. Nah ini menyebabkan penglihatan menjadi kabur.
Mata Minus Bisa Disembuhkan

2. Kelengkungan kornea yang tidak merata ini juga bisa menyebabkan sinar jatuh tidak tepat pada retina.
Mata Minus Bisa Disembuhkan

Terus kalau menurut ukurannya miopia ini dibagi menjadi 3 yaitu miopia ringan di bawah minus 3, Miopia sedang antara minus 3-6, dan miopia berat atau miopia tinggi di atas 6. Nah Miopia berat ini ada bahayanya kalau nggak segera ditangani maka akan menyebabkan retina itu jadi lepas atau Retinal Detachement namanya. Ini bisa menyebabkan kebutaan jadi bahaya lho makanya kalau perlu deteksi dini atau skrining apakah rabun jauh atau enggak dan berapa ukurannya.

Bahaya yang kedua yaitu terjadinya ambliopia atau mata malas. Yaitu kalau misalkan minus kalian itu nggak sama tuh kanan kiri. Yang termasuk ringan atau sedang dan yang satunya itu yang tinggi banget. Bahayanya ini bisa menyebabkan Stabismus atau juling.

Terus apa sih ciri-ciri Miopia atau rabun jauh
  1. Melihat benda yang dekat lebih jelas dibanding melihat benda yang jauh.
  2. Jarak baca jadi lebih dekat.
  3. Memicingkan mata saat melihat jauh.
  4. Sering pusing-pusing. 
  5. Bagi kalian yang masih sekolah itu suka jelas lihat papan tulis kalau lebih dekat karena itu lebih nyaman bagi kalian atau nonton tv jadi lebih deket juga.
Kalau udah ada ciri-ciri kayak gini nih bisa jadi kalian itu menderita rabun jauh. Segera cek ke dokter supaya bisa dicek tajam penglihatan kalian itu beberapa. Dan berikut ini ada beberapa pertanyaan yang biasanya umum di tanyakan mengenai mata minus:

Kenapa Mata minus berubah-ubah?

Kenapa mata minus bisa berubah-ubah bisa naik turun? Jadi gini karena salah satu penyebab mata minus adalah panjang bola mata. Kalian bayangin ketika kalian masih dalam masa pertumbuhan bola mata kita itu akan bertumbuh. Jadi dia bisa semakin panjang otomatis akan mempengaruhi ukuran minus kalian juga. 

Misalkan bulan januari ngecek minus 2 dan 8 bulan kemudian naik minus 2,5. Kenapa begitu? Ya iyalah kan kalau masih dalam masa pertumbuhan semakin panjang bola mata kalian maka minus kalian semakin bertambah. Terus ada yang bilang loh kok minusku semakin turun sih coba dicek lagi mungkin pas pertama cek ukurannya nggak pas. Saran dari aku cek mata minus ke dokter mata jangan cek di Optik. Karena ada beberapa prosedur yang mungkin orang-orang optik nggak tahu tapi lebih dikuasai dokter mata.

Main Gadget bisa bikin mata minus?

Apakah main HP, Gadget, dan Laptop jadi bikin minus? Ya karena salah satu penyebab miopia adalah radiasi dari sinar biru atau Blue Light yang dipancarkan oleh tiga jenis gadget ini tadi kaya Laptop, TV, dan HP. Selain itu sinar biru juga bisa menyebabkan penurunan produksi hormon melatonin yang membantu kita tidur. Jadi semakin sering kita main HP kulatitas tidur kita juga akan berkurang. Selain itu radiasi blue light bisa menyebabkan katarak dini loh.

Benarkah Membaca terlalu dekat bisa bikin mata minus?

Kenapa sih kalau membaca deket-deket itu bisa bikin minus? Jawabannya mungkin ini sedikit lebih anatomis ya tapi didalam mata ada yang namanya lensa karena lensa untuk melihat dekat akan mencembung sedangkan untuk melihat jauh akan memipih. Kalau kita melihat dekat terus serta lensa cembung dan terus dipaksa dalam kondisi seperti itu terus menerus. Maka fleksibilitasnya juga akan berkurang dan dia akan terbiasa untuk cembung terus-menerus. Inilah yang menyebabkan mata minus karena jarak bacanya harus gitu terus jadi untuk melihat jauh jadi rabun deh.

Baca Juga:

Stress bisa bikin mata minus?

Satu fakta yang menarik banget yaitu stress.  stress bisa bikin mata kita minus loh. di bola mata kita punya otot-otot penggerak bola mata dalam bahasa medisnya otot ekstraokuler. Ada 6 otot penggerak bola mata disetiap mata. Kalian pasti pernah strees dong pasti badan kalian terasa pegal dan otot jadi kaku semua.

Nah ini terjadi termasuk di otot penggerak bola mata ketika kita lagi stress otot penggerak mata jadi ikut tegang. Padahal otot penggerak bola mata ini ada di sekeliling mata bayangin kalau dia tegang akan meremas bola mata itu sendiri menyebabkan bola mata jadi lebih lonjong. Jadi dia ada perubahan bentuk, ini akan mempengaruhi panjang dari bola mata tersebut akibatnya balik kealasan yang tadi tuh bayangan jatuh di depan retina. Tuh kan stress bikin banyak banget penyakit.

Benarkah Baca sambil gerak bisa bikin mata minus?

Ada lagi nih gimana kalau baca gerak di dalam mobil gitu misalkan. Menurut kalian aja kalau kita baca sambil gerak fokus mata kita itu akan berubah-ubah dan itu akan sangat berkontribusi akan terjadinya rabun jauh.

Benarkah Baca di tempat gelap bisa bikin mata minus?

Tuh Mama Papa kamu pasti sering bilang kalau baca nyalain lampu. Bener sih kalian harus dengerin kata orang tua kalian. Balik lagi ke anatomi pupil adalah bagian dari mata yang mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke mata. Kalau cahaya gelap pupilnya akan melebar supaya cahaya yang masuk lebih banyak sedangkan di tempat terang Kan udah banyak tuh cahayanya akan pupil akan mengecil.

Supaya saraf mata kita tidak rusak menerima terlalu banyak itensitas cahaya. Ketika kita membaca di tempat yang gelap pupil kita akan melebar dan sedang kan kalau kita baca di tempat yang terang pupil kita akan mengecil sehingga menurunkan kebutuhan kita untuk membaca lebih dekat. coba deh kalian pikirin kalau baca ditempat gelap lebih dekat kan karena nggak jelas sedangkan kalau di tempat terang dengan jarak normal akan jelas.

Suplemen penurun mata minus benarkah berhasil?

Menurut jurnal penelitian vitamin, Mineral, Sayur-sayuran seperti itu hanya membantu menutrisi saraf mata. Jadi kalau rabun mata  gara-gara kelainan saraf mungkin bisa kebantu ini kan gara-gara kelianan bola mata. Maka sebetulnya nggak ada hubungannya.

Apa sih bedanya minus sama silinder?

Kalau mata minus itu bayangan jatuh di satu titik fokus di depan retina. Sedangkan mata silinder atau bahasa medisnya itu astigmatism sinar atau bayangan jatuh di banyak fokus ya bukan di satu titik fokus. sehingga menyebabkan penglihatan berbayang begitu.

Mata minus bisa di sembuhkan?

Mata minus ini bisa diatasi dengan cara dikoreksi namanya ada tiga cara yaitu:
  1. Pakai kacamata, kacamatanya kalian ini harus datang ke dokter supaya benar-benar akurat ukurannya.
  2. Kalian bisa pakai soflen tapi hati-hati ya karena menurut penelitian soflen Ini meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada mata. Kalian harus benar-benar bisa jaga kebersihan tangan kalian nggak boleh males-malesan cuci tangan sebelum maupun setelah memakai soflen. Dan jangan lupa kalian nggak boleh mengabaikan tanggal kadaluarsanya soflen ini kalau udah kadaluarsa jangan dipakai lagi.
  3. Dengan laser lasik pasti kalian sudah pernah dengar ini kan. Lasik ini mengurangi ketebalan dari kornea makanya ada batas umur tertentu untuk seseorang melakukan prosedur lasik yaitu karena diusia tertentu kita masih dalam masa pertumbuhan. Kan biasanya ada yang bilang di atas 21 tahun atau diatas 19 tahun tergantung klinik prakteknya ini. Kalian bayangin kalau kalian dalam masa tumbuh bola mata kalian semakin panjang dan koreanya udah ditipisin saja kan sia-sia. Korneanya semakin tipis dan bikin mata gampang iritasi.

PENTING

Untuk membantu aja sih setelah kalian baca, main HP atau mengerjain tugas di laptop yang maksimal 30 menit. Usahakan kalian istirahatkan mata kalian dengan melihat jauh atau merem selama 3 sampai 5 menit. Setelah itu bisa lanjut lagi dengan jarak yang normal pastinya yaitu 30 cm.

Demikian info yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Dan jangan lupa selalu berkunjung ke blog sederhana ini untuk mendapatkan info menarik lainya. Terma kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel