Kesalahan Mengobati Jerawat Jadi Semakin Banyak dan Parah

Mengobati jerawat memang terbilang agak gampang-gampang susah, karena masih banyak orang yang melakukan dengan cara yang salah. Berikut adalah beberapa kesalahan dalam mengatasi jerawat yang justru bikin makin parah banget.

Kesalahan Mengobati Jerawat

6 Kesalahan mengobati jerawat

1. Cuci Muka Berlebihan

Kalian berpikir bahwa jerawatan itu karena wajah kita kotor dan jarang cuci muka, kena debu segala macam. Terus kalian cuci muka sering banget tuh supaya bersih. Padahal yang kalian harus tahu bahwa penyebab jerawat itu nggak cuma karena bakteri dan kotoran. Bahwa mekanisme terjadinya jerawat itu ada empat macam yaitu
  • Karena produksi sebum atau minyak wajah yang berlebihan.
  • Karena adanya kolonisasi bakteri P.acnes.
  • Hiperkeratinisasi folikel.
  • Inflamasi atau radang.
Jadi enggak cuman minyak atau kotoran saja penyebabnya ternyata ada banyak kan. Cuci muka yang terlalu sering itu bukan solusi dari permasalahan jerawat kalian. Malah yang ada kalian bisa kena yang namanya Acne Deterjicans yaitu jerawat yang terjadi karena kalian terlalu sering cuci muka. Lah kok bisa Iya karena cuci muka yang terlalu sering membilas minyak alami yang ada di wajah berlebihan. Minyak wajah bakal terus habis dan kulit menjadi kering. Bisa jadi rentan iritasi yang bisa menimbulkan jerawat. Dan karena kering juga kulit mengimbangi dengan meningkatkan produksi sebum lebih banyak lagi yang dapat menyebabkan jerawat lebih banyak.

2. Pakai scrub wajah Yang Sifatnya Abrasif

Terutama pas jerawat lagi radang radang nya. Salah satu penyebab jerawat adalah hiperkeratinisasi folikel Intinya terjadi penumpukan sel kulit mati yang terlalu banyak dan ini menyumbat pori-pori ditambah debu, make up dan lain sebagainya. Sehingga terjadilah jerawat karena penumpukan sel kulit mati. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengangkat sel kulit mati ini dengan cara eksfoliasi. Eksfoliasi adalah mempercepat regenerasi sel kulit yang normalnya terjadi 14-28 hari. Hal itu dipercepat sehingga tekstur kulit akan menjadi lebih bagus dan sel kulit mati yang menumpuk itu kayak dibuang duluan.

3. Tidak Pakai Pelembab

Inilah kesalahan yang sering kali dilakukan oleh orang-orang dengan jenis kulit berminyak. Karena mereka berpikir kulit gue kan udah oily kenapa harus pakai pelembab yang ada malah makin lengket dan malah makin parah nggak sih jerawatnya. Nah ini adalah pola pikir yang harus diubah karena ini tidak tepat. Bisa saja kulit kalian semakin berminyak. Karena justru kandungan air di skin barrier kalian atau di lapisan kulit paling atas, pelindung kulit kalian itu kurang jadi kulit berusaha menutupi kekurangan tersebut dengan memproduksi lebih banyak lagi minyak. Padahal yang sebenarnya itu yang kurang air kalian malah nggak pakai pelembab pula.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Jerawat dengan Mudah dan Cepat

Jadi Kalain itu tetap harus pakai pelembab cuman perlu diakalin aja lo konsitensinya. Kalau kalian kulitnya oily cobalah menggunakan pelembab yang bentuknya gel jadi di kulit adem cepat meresap dan nggak menutupi pori-pori kalian. Dan buat yang kulitnya kering tapi jerawatan jelas kalian tetap harus pakai pelembab juga dong cuman secukupnya aja nggak usah kebanyakan.

4. Tidak Pakai Sunscreen

Tidak melindungi kulit kalian sendiri nih dari matahari hal ini sering banget. Bukannya kalau lagi jerawatan enggak boleh pakai sunscreen ya biasanya katanya malah makin parah lho jerawatnya. Kata siapa? ini adalah mitos yang salah besar. Sinar matahari yang kena muka kita tiap hari itu memancarkan radiasi UltraViolet yang justru bisa memperparah peradangan di wajah. Artinya bisa memperparah jerawat kalian dong.

Kan tadi sudah dijalaskan salah satu penyebab jerawat kan radang. Jadi kalian tetap harus pakai sunblock kalian. Nah terus gimana sama kita-kita yang emang nih bukan kata orang tapi emang menurut pengalaman kita sendiri kalau kita pakai sunblock itu malah jadi jerawatan atau jerawat makin parah. Ini bisa terjadi karena kulit kalian itu sensitif atau enggak cocok terhadap bahan-bahan yang ada di sunscreen yang kalian coba itu.

5. Mencetin Jerawat

Mencet jerawat di rumah sendiri itu beda ya sama kalau pas lagi facial. Karena belum tentu tangan kalian itu bersih belum tentu kalian ingat untuk cuci tangan duluan atau belum tentu tisu yang kalian pakai itu bersih. Yang ada ketika jerawat kalian pencet terus pecah malah menimbulkan luka terbuka yang memungkinkan banget nih kotoran, makeup, sel kulit mati, dan bakteri bakteri lain untuk masuk lagi ke dalam luka tersebut. Dan malah bisa bikin jerawat baru menyebabkan peradangan yang makin parah dan efeknya pun bakal meninggalkan bekas jerawat.


6. Kesalahan Pakai Obat Jerawat

Kesalahan yang terakhir yaitu salah dalam penggunaan obat jerawat. Pertama nggak konsisten bayangin aja nih kalau di obat jerawat itu ya di label nya itu tulisannya aturan pemakaian 2x sehari pagi dan malam hari. Tapi kalian yang tadi suka lupa tuh kelewatan akhirnya sampai malam doang atau bahkan kadang-kadang kan kita lupa sehari full kalau punya obat jerawat. Ya gimana mau sembuh makainya saja tidak rutin gak bener ya bisa diharapkan.


Yang kedua yaitu nggak sabaran baru aja kalian rutin pakai ini selama 3 hari terus  frustasi bingung. Kenapa nggak hilang-hilang sih, perasaan udah 3 hari katanya bisa langsung sembuh tapi kok nggak bisa. Ya sabar tadikan sudah di kasih tahu siklus kulit berapa 14 sampai 28 hari sekali kan. Obat-obatan itu sebenarnyakan mempercepat siklus regenerasi kulit kalian gitu loh. Jadi Dari 2 minggu itu dipercepat ya kalian jangan berharap kayak malam ini pakai besok langsung sembuh. Semua butuh waktu lagi tergantung kondisi kulit kalian dan tergantung obat jerawatnya juga.

Demikian info yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel